Tuesday 10 April 2012


Belajar Adab Adab Sunnah Rasulullah saw (adab rambut,kumis,kuku,janggut,kuku)

(adab rambut,kumis,janggut,kuku : bagian 1)kebersihan adalah sebagian dari iman,terdapat sepuluh sunnah kebersihan,dan fitrah para Nabi a.s. Memotong kumis,memotong kuku,memanjangkan janggut,bersiwak,menghirup air dengan hidung lalu mengeluarkannya,membersihkan celah2 jari,mencabut bulu ketiak,memotong bulu kemaluan,be...ristinja dgn air,dan berkumur(bukhari)dianjurkan menjaga keindahan rambut,tetapi di anjurkan agar tidak menyisir rambut terlalu sering(abu dawud)disunnahkan menyisir rambut dengan tangan kanan(muslim)dilarang mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainnya.(bukhari,muslim,tirmidzi)*misalnya dijambul.dan sejenisnya. .... Dilarang menyambung rambut dgn rambut palsu,seperti dengan sanggul ataupun wig,walaupun rambutnya rontok(bukhari,muslim)pemakaian rambut palsu termasuk tindakan penipuan(bukhari)

(Adab rambut,kumis,janggut,kuku bagian 2)Batas rambut terpanjang bagi laki laki adalah sebatas bahu(muslim,tirmidzi,nasa'i)*rambut Nabi saw. Lurus antara telinga sebelah kanan lurur ketelinga sebelah kiri,laki2 yg berambut lebih dari sebahu,termasuk menyerupai perempuan,dan wanita yg berambut kurang daripada sebahu ter...masuk menyerupai laki2(bukhari,muslim,tirmidzi,nasa'i)dilarang mencabut dan menyemir rambut uban dgn warna hitam.barang siapa menyemir dgn warna hitam,tidak akan mencium harumnya surga(muslim,nasa'i,ibnu majah)boleh menyemir rambut atau janggut uban dgn warna merah ataupun biru(bukhari,muslim)jika rambut dipotong,hendaknya dipotong semuanya<gundul> atau dipotong bagian belakang saja(nasa'i)*mencukur rambut hendaknya dimulai bagian kepala sebelah kanan. ..wanita haram menggunduli rambutnya(tirmidzi,nasa'i,abu dawud)*kecuali ada penyakit keras,yg mengharuskan gundul.

(Adab rambut,kumis,janggut,kuku bagian 3)sunnah meminyaki rambut dan janggut untuk merawatnya(bukhari,imam malik)*cara meminyaki rambut adalah,letakkan minyak ditelapak tangan,oleskan di alis kanan tiga kali dan alis kiri tiga kali. Kemudian oleskan ke kepala,di gosok gosok sampai minyak masuk ke pori pori. ...ditekank...an bagi laki laki untuk mencukur kumis dan memanjangkan jenggot(bukhari,muslim,tirmidzi,ibnu majah)*janggut boleh dicukur sebatas genggaman tangan(bukhari)sunnah memotong kuku,kuku yg panjang adalah tempat syetan bersembunyi(bukhari,muslim)*Rasulullah saw. Memotong kumis dan kukunya rutin setiap hari kamis dan jumat,barang siapa memotong kukunya pada hari jumat,maka Allah akan menolongnya dari bala bencana dan musibah hingga jumat depannya(tirmidzi)

(adab rambut,kumis,kuku,janggut,kuku: bagian 4) urutan memotong kuku jari jari tangan adalah, Dari mulai jari telunjuk kanan,tengah kanan,jari manis kanan,jari kelingking kanan,jari kelingking kiri,jari manis kiri,jari tangah kiri,jari telunjuk kiri,ibu jari kiri,dan terakhir adalah ibu jari kanan. Dan urutan memotong ...kuku jari jari kaki,adalah: dari kelingking kanan sampai terus kelingking kiri(imam nawawi)*jangan memotong kuku dengan gigi. Di anjurkan agar memotong bulu kemaluan dan mencabut bulu ketiak,setidak tidaknya empat puluh hari sekali.  

                         -NUR RUSYDA BT. ABAS-

No comments:

Post a Comment